21 December 2016

Review Xiaomi Yicar Dashcam, Si Bawel Dengan Kemampuan Wifi

"Caution, vehicle's drifting"
"Keep a safe distance, please!"

Ini dia kalimat yang sering terdengar dari kamera Xiaomi Yicar Dashcam. Loh kok bisa gitu? Bukannya CCTV mobil tugasnya hanya untuk merekam video saja? Ternyata dashcam ini punya fitur spesial yang dinamakan ADAS yaitu Advanced Driver Assistance Systems, yaitu sebuah teknologi keamanan dengan memanfaatkan kamera, jadi saat fitur ini diaktifkan, maka system ADAS akan bekerja non stop menganalisa motion obyek-obyek yang menyerupai kendaraan atau garis jalan dan langsung mengingatkan pengendara jika terlalu dekat atau kita keluar jalur, terutama di jalan tol saat (mungkin) kita mengantuk atau kurang fokus yang menyebabkan kita pindah jalur tanpa disadari.

Menarik kan?

Tapi bagaimana performa dashcamnya sendiri? Apakah performa dan kualitas gambar sesuai dengan harapan?


Ini dia kelebihan Xiaomi Yicar Dashcam:

- Kualitas foto dan video boleh dibilang sangat bagus untuk ukuran dashcam, menimbang dari akurasi warna dan detail masih terlihat, seperti plat mobil yang berhenti di depan tetap terbaca meski lensanya berjenis wide angle. Sensor yang digunakan adalah Aptina AR0230.
- Prosesor dual core A12 menjanjikan performa tinggi tanpa lag meski dalam penggunaan jangka panjang dan kamera dengan sensor 3 megapixel.
- ADAS ready, seperti dijelaskan diatas, dengan adanya ADAS bisa membantu sopir untuk waspada kala ngantuk, keluar jalur ataupun kurang fokus. Fungsi ADAS hanya bekerja jika Anda mengeset resolusi pada 1080p/30fps
- Lensa dengan sudut pengambilan hingga 165ΒΊ artinya sangat luas bidang yang terambil kamera & saat didekatkan dengan obyek tampak foto akan sedikit membulat
- Kemampuan rekam resolusi tinggi yaitu 1080p/60fps, juga bisa diatur hingga maksimal 1296p alias sudah 2K.
- Berbeda dengan dashcam murahan yang pernah direview, Yicar cukup terang saat malam hari dan jelas, hal ini karena lensa yang digunakan mempunyai aperture f/1.8
- Layar LCD cukup besar yaitu 2.7" dan LCD ini tidak hanya menampilkan informasi kamera tapi juga hasil foto, video bisa dilihat langsung di layar kamera ini
- Sudah versi US, baik menu maupun suara ADAS sudah versi Inggris, ini tidak perlu dioprek karena toko tempat saya beli sudah mengubah firmware dari Chinese ke English secara gratis
- Wifi, wifi berjalan di frekwensi 2.4GHz, dan untuk penggunaan wifi, Anda wajib instal apk/ipa di hape Anda, nanti tinggal jalankan aplikasi Yi Dashcam, nantinya wifi akan terkoneksi secara otomatis dan segala pengaturan dan tampilan bisa dilakukan melalui hape Anda. Dan tampilannya adalah live, jadi jika Anda punya headunit Android dengan kemampuan wifi atau hape nganggur bisa dijadikan display secara continous di dalam mobil, keren kan?
- Saat terhubung dengan wifi, semua pengaturan jam/tanggal akan mengikuti waktu di ponsel, jadi auto sinkron.
- Desain kamera dengan lobang pembuang panas di bagian atas & bawah, Xiaomi sudah memikirkan jika ditaruh dalam kendaraan tentunya akan dijemur terus menerus, itulah fungsi lobang pada kamera Yicar yaitu untuk siklus ventilasi mencegah panas berlebih
- Ada built in battery di dalam unit, tidak bisa dilepas, memang kecil hanya 240mAh, fungsinya seperti UPS cadangan, mencegah cut off secara brutal. Jadi saat mobil dimatikan unit akan mati dalam waktu sekitar 10 detik untuk safe shutdown.
- Didesain untuk kendaraan mengikuti ignition mobil, ini menjadi poin utama setiap car dashcam, saat mobil/ignition on maka kamera akan aktif dan langsung record tanpa perlu kita pencet apapun, serta saat ignition off, kamera akan auto shutdown dengan otomatis.
- Auto wrap old data, saat memory card sudah penuh maka Yicar akan otomatis wrap video paling lama dan video paling baru akan mengisinya, jadi Anda tidak perlu perlu melakukan aktivitas perekaman secara manual karena kemampuan wrap/loop ini menjadikannya nyaman dipakai sampai kapanpun
- Disertakan charger USB cigarette lighter dengan 2 lobang USB, ini membantu kita untuk mendapatkan ekstra tambahan charger di kendaraan. Good job Xiaomi!
- Collison sensitivity, yaitu penguncian file video yang sensitif, contohnya Anda rem mendadak karena ada halangan berbahaya di jalanan, maka Yicar akan menaruh file video yang rem mendadak ini ke dalam folder khusus dimana video ini tidak akan dihapus oleh auto wrap recording.
- Ada port micro USB, untuk charging serta kabel data, dengan demikian, Anda bisa memasang powerbank jika tidak ingin kamera mati saat meninggalkan kendaraan.
- Ringan hanya 74 gram
- Disertakan kabel USB yang sangat panjang, kabel ini cukup untuk instalasi di mobil, terutama Anda yang ingin rapi tidak ada kabel bersliweran di dalam mobil
- Disertakan car mount dengan suction
- Maksimal memory card adalah 64GB
- Semua petunjuk penggunaan maupun pemasangan sudah komplit dimuat dalam APK, jadi manual yang dalam bahasa tiongkok sudah tidak diperlukan, tinggal buka apk dan baca di dalam app saja.
- Harga istimewa, saat Harbolnas 1212 harganya hanya 600rb sudah diubah jadi versi US

Kekurangannya:
- Kualitas yang bagus menghasilkan file video yang sangat besar, untuk perekaman dengan setting 1080p/30fps saja, ukuran video adalah 327MB untuk perekaman 3 menit. Ini artinya jika memory card Anda 32GB alias 32.000MB maka hasilnya adalah 293 menit atau 4.9jam sudah full. Dan jika 64GB maka 9.7 jam saja sudah full.
- Transfer melalui wifi direct adalah pita, saat awal koneksi transfer rate adalah 2MB/s tapi kemudian drop hingga 1MB/s, artinya hanya untuk ambil file 3 menit saja (327MB) membutuhkan antara 200-300 detik, jadi tidak disarankan menarik video melalui wifi, kalau narik foto sih cepat banget :)
- Perlu pemasangan awal yang baik, saya gak ambil pusing, bawa ke bengkel audio, kasih Rp50rb ke tukang, pokoknya kabel diatur jangan kelihatan. Beres kan :)
- ADAS yang bawel, awalnya lucu lama2 kok rada menyebalkan juga, gimana rasanya, cowo nyetir tapi diperingati terus oleh suara cewek hahaha

Berikut foto-fotonya:

Kotak Xiaomi Yicar

Kotak tampak belakang

Harga beli harbolnas lazada

Unboxing

Keseluruhan kelengkapan

USB car charger dual port

Mounting

Manual

Kamera tampak depan

Tampak samping, ada slot micro SD

Tampak belakang, LCD 2.7" dan 4 tombol fisik

1 port micro USB untuk kabel data/charge dan 1 lobang kecil untuk reset

Bagian bawah ada ventilasi udara

Bagian atas juga ada lobang ventilasi udara dan lobang mounting

Saat terpasang mounting

Saat terpasang mounting

Masukkan memory card

Spesifikasi charger

Perbandingan dengan car dashcam murahan

Perbandingan dengan car dashcam murahan

Perhatikan ada tanda + yang bergerak-gerak, ini ADAS sedang menganalisa kendaraan di depan kita

Pemasangan kabel rapi, bawa ke bengkel audio saja

Tampak kabel diselipkan di dalam plafon mobil agar tidak terlihat mengganggu saat berkendara

Si tukang lagi pasang2

Si tukang lagi pasang2

Siap dibawa menjelajah 

Cara pemasangan yang tepat agar ADAS bekerja dengan baik

Halaman recording

Halaman Album

Halaman setting, pengaturan resolusi

Pengaturan suara microfon

Pengaturan G sensor, untuk perekaman terkunci saat tabrakan

Pengaturan LCD on/off

Pengaturan ADAS

Pengaturan Wifi

Format kartu memori

Hard reset

Pengaturan jam

Pengaturan time stamp

Pengaturan suara saat on/off

Pengaturan suara tombol fisik

Firmware sudah versi US

Tampilan saat ADAS bekerja

APK Yi Dashcam

Halaman awal

Tekan search untuk menghubungkan dengan dashcam

Nah sudah connecting

Sudah terhubung

Pengaturan video quality

Pengaturan collision sensibility

Pengaturan lainnya

Pengaturan lainnya

Password wifi dashcam

Manual disertakan dalam apk

Manual disertakan dalam apk

Manual disertakan dalam apk

Halaman informasi tambahan, dalam bentuk video

Halaman informasi tambahan, dalam bentuk video

Koneksi dengan ponsel bisa live picture/video dan bisa dishoot melalui ponsel

Struktur susunan file dalam micro SD

Struktur susunan file dalam micro SD

Struktur susunan file dalam micro SD

Metadata file video

Jika dibongkar ini isi dalamannya

Contoh hasil foto (low light)

Contoh hasil foto (low light)

Contoh hasil foto (normal light)

Perbandingan dengan dashcam murahan

Perbandingan dengan dashcam murahan

Perbandingan dengan dashcam murahan


Setelah upgrade firmware terbaru (Desember 2016), ini perbedaannya:







Kesimpulan:
Jempol untuk Xiaomi Yicar Dashcam ini, harga oke, fitur oke, hasil oke. Rasanya dengan harga demikian tidak ada produk lain yang begitu istimewa, begitu canggih dan begitu sempurna untuk sebuah dashcam. Jika Anda mengharapkan dan mencari kekurangan sampai dapat, okelah, ini dia yang bikin lebih baik beli Garmin GDR daripada Yicar adalah ketidakhadiran GPS. Namun ingat harga Garmin adalah 2jtan-3jtan, ada GPS tapi gak ada wifi/ADAS. Sementara Yicar 600rb ada wifi/ADAS tapi gak ada GPS. Hehehe bingung kan?

Sample video:
https://youtu.be/7ISIbK3oG78
https://youtu.be/7qBarA3A0-E
https://youtu.be/MJo72uMRF40

Software mempercepat video namanya Microsoft Hyperlapse:
https://download.microsoft.com/download/6/B/6/6B6A25D4-8073-4708-9FDE-10A0C411F039/Hyperlapse-Yi-for-64-bit-Windows_1.6-116-d4cb262.msi

Spesifikasi:
https://twitter.com/mantugaul/status/811460569152765952

My other posts:
http://mantoegaul.blogspot.com/p/all-contents.html

24 comments:

  1. Sekarang yg harga 600rb bisa dibeli dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya beli disini, sebelum beli buka ini dulu, ada cashback tambahan http://bit.ly/sbmantu (sign up)

      http://www.lazada.co.id/xiaomi-xiaoyi-1080p-wifi-car-dvr-camera-with-adas-sistem-hitam-6340476.html

      Delete
    2. Thanks infonya, akhirnya beli yg chine version, karena untuk yg international, suction cupnya pake stiker 3M dan adaptornya cuma 1 output usb.

      Delete
    3. Pertanyaannya, bisakah firmwarenya (yg sudah diganti)di update online tanpa brick?

      Delete
    4. sebaiknya jangan kalau tidak berani ambil resiko

      Delete
  2. Om Syd, kalau pasang kena ongkos berapa? pakai setting ke HU/connect HU ga ya?

    Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. tuh sudah saya tulis diatas oom...HU nya biasa atau android?

      Delete
  3. HU Kenwood biasa om, tipe DDX7033BT.
    iya om, baru baca lagi, dah ada keterangan biaya ongkos pasang.

    Quote : (Didesain untuk kendaraan mengikuti ignition mobil, ini menjadi poin utama setiap car dashcam, saat mobil/ignition on maka kamera akan aktif dan langsung record tanpa perlu kita pencet apapun, serta saat ignition off, kamera akan auto shutdown dengan otomatis). Ini settingan kabel Yivcam ikut di sistem ignition mobil ya om Syd maksudnya? dikonek ya?

    tq Om Syd

    ReplyDelete
  4. numpang tanya om,,,
    kalau untuk hasil recording malam hari, dengan pencahayaan kurang, gimana hasilnya om,,

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyalakan lampu kayak gini https://www.youtube.com/watch?v=7qBarA3A0-E&t=247s

      Delete
  5. Untuk mengaktifkan sistem adas apakah perlu koneksi ke aplikasi di hp dulu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk fitur ADAS nya bisa direview gan seperti apa? Katanya hanya aktif di kecepatan tinggi?

      Delete
    2. https://en.m.wikipedia.org/wiki/Advanced_driver_assistance_systems

      Delete
  6. mau tanya om, micro sd class 10 jenis apa yg rekomended?
    terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. misalkan merek samsg haruskah yg evo+ atau misalkah merek san hrskah tipe ektrem?
      terima kasih

      Delete
    2. Visipro atau vgen πŸ‘

      Delete
    3. terima kasih infonya.

      Delete
  7. Anonymous16/6/17 16:16

    Ini ada audionya apa hasilnya video aja ga ada suaranya ?

    ReplyDelete
  8. For more security in the way or our house dach.cam give us more safety and i know there are more people are like to use this technology. For better service this device is well known in the market. I also like to use this cam for our home security.

    ReplyDelete