18 February 2020

Review IPCam Mini110 Spycam Terkecil Di Dunia, IPCam Tanpa Listrik

Hari ini kita kedatangan gadget yang sangat menarik. Yaitu sebuah IP Cam tanpa merk namun punya fungsi yang sangat menarik karena punya ukuran yang sangat kecil kira-kira hanya sebesar 1 koin rp500. Karena tidak ada merk sehingga kita menggunakan nama tipenya saja yaitu IP Cam Mini110 walau di kotaknya tertulis Mini110-DA-J.

Ukuran bukan hanya andalan utama namun ternyata di dalam unit IP cam ini terdapat baterai internal. Tidak disebutkan berapa ukuran mAh baterainya namun saat pengujian Mini110 mampu bertahan selama 2 jam dengan pengaturan full recording. Karena menggunakan port micro usb untuk charging disini kita dapat menambah daya baterai menggunakan charger hape maupun powerbank. Wah tambah menarik kan.

Lalu apa yang bisa dimanfaatkan dengan IP cam sekecil ini? Mari kita kupas kelebihan dan kekurangannya berikut ini:

- Ukuran kecil, namun punya kemampuan wifi dan AP. Dimana wifinya nanti bisa disambungkan ke router wifi sehingga IP cam nantinya bisa diakses oleh internet dimanapun Anda berada. Namun jika Anda tidak mempunyai router, tidak masalah, Anda bisa menggunakan mifi maupun ponsel yang diaktifkan fungsi hotspot mobile. 

- Wifi direct mode. Ini mengingatkan kita pada kamera action yang mempunyai fasilitas wifi direct (local mode), sehingga tanpa internetpun ipcam ini bisa dikendalikan secara offline namun dengan jarak terbatas.

- Ada micro sd memory card slot yang diklaim perusahaan mampu menampung hingga 64GB. Pengujian dengan 64GB memang tampak stabil. Tidak ada lost recording.

- Baterai dengan daya tahan 2 jam dengan perekaman penuh. Sehingga logikanya perekaman dengan setting motion only recording dipastikan bisa menambah ketahanan lebih lama sedikit.

- Disertakan sebuah holder magnet sehingga kamera mungil ini bisa ditempatkan dimanapun di permukaan besi, contohnya AC outdoor unit atau bahkan di pagar/kanopi besi.

- Hasil video yang terekam adalah 720p yang menghasilkan video yang tajam dan jernih walau kondisi malam/remang, video tetap tampak cukup baik. 

- Ukuran video adalah 30MB saja dengan setiap file berdurasi 15 menit.

- Terdapat mic di ipcam ini sehingga Anda yang butuh mendengarkan suara alias menguping bisa memanfaatkan fitur ini.

- Dalam paket disertakan kabel micro usb dengan charger usb A. 

- Untuk android menggunakan aplikasi:

- Untuk iOS menggunakan aplikasi:

- Akses tergolong cepat saat diakses menggunakan internet. 

Sementara untuk kelemahannya:

- Baterai yang hanya 2 jam. Sehingga saya akali dengan menambahkan powerbank 10rb mAh. Perekaman yang tadinya 2 jam menjadi 12 jam 17 menit. Sekitar 6x lebih lama. Dengan demikian bisa diasumsikan penggunaan powerbank 10rb mAh menambah masa 10 jam lebih lama dengan ditambah 2 jam baterai internal itu sendiri sehingga matematika sederhana menyimpulkan baterai internalnya diperkirakan mempunyai kapasitas maksimal 2rb mAh. Namun powerbank sendiri berkapasitas 70% dari tertera bisa ditebak baterai internalnya ipcam ini antara 1rb-1500 mAh.

- Mic yang digunakan untuk menguping mempunyai keterbatasan jarak, semakin jauh semakin kecil suaranya. Sehingga Anda yang membutuhkan perekaman suara pastikan jarak ipcam dengan obyek suara sebaiknya tidak melebihi dua meter. Jika terlalu jauh, lupakan saja fitur audio listeningnya.

- Aplikasi ponsel hanya bisa diakses 1 hape saja. Jika diakses lebih dari 1 maka hape pertama akan log out otomatis dengan sendirinya. Artinya pemantauan harus bergiliran.

- Hasil perekaman video di micro sd mempunyai format .264 sebuah format aneh yang seharusnya biasa format mp4 atau avi. Format 264 tidak bisa dibuka begitu saja di komputer. Solusinya adalah menggunakan software VLC dengan settingan h264 demuxer diaktifkan. Software VLC PC yang berfungsi adalah: http://download.videolan.org/pub/videolan/vlc/3.0.3/win64/vlc-3.0.3-win64.7z dan settingan h264 demuxer pengaktifannya ikuti cara: https://m.reolink.com/how-to-play-h264-files-in-vlc/ . VLC nya juga berkemampuan convert ke mp4 jika dibutuhkan format mp4 yang lebih umum.

Berikut ini foto-foto unboxing dan pengaturan awal ipcam mini110:

Kotak IPcam Mini 110

Tanpa merk hanya ada tipe IPCAM nya

Keseluruhan paket

Kamera tampak depan

Kamera tampak samping

Kamera tampak bawah

Kamera tampak atas, ada lobang reset dan lobang microphone

Kamera tampak belakang, ada lampu indikator, switch power, micro sd slot dan micro usb untuk charging port

Holder magnet disertakan, bisa menempel dimanapun permukaan besi

Kartu garansi

Pertama setelah jalan APK, Anda perlu membuat akun baru

Gunakan no telp atau email untuk registrasi awal, ingat passwordnya ya :)

Setelah registrasi berhasil, log in dan Add device

Pilih Mini machine

Lalu carilah wifi kamera yang ada tulisan depan BCM, pilih hingga tertulis connected lalu back

Kamera akan langsung terhubung, disini pengguna bisa pilih cancel jika ingin menggunakan sebagai local wifi (AP mode) atau pilih Configure jika ingin dihubungkan ke internet untuk dapat diakses dimana saja

Ini tampilan AP mode

Sementara ini pairing status saat dihubungkan ke router wifi

Kamera sudah terhubung ke internet, silahkan diakses dimanapun Anda berada

Tampilan kamera saat diakses

Hasil saat suasana malam

Hasil saat suasana terang

Ini pengaturan perekaman motion only, jadi saat ada orang lewat baru terjadi perekaman

Juga ada fasilitas langganan cloud jika Anda ingin perekaman langsung tersimpan di cloud

Jika terpasang memory card maka kamera bisa melihat kembali hasil perekaman IPCam

Diletakkan dimanapun oke bos

Hasil video:
https://youtu.be/4sr8mRS83Us

Spesifikasi dan how to buy:
https://tokopedia.link/mE5eDX2s93

Kesimpulan:
Ipcam mini110 ini seperti perkawinan antara sport action camera dengan ipcam. Karena bisa dual akses yaitu menggunakan wifi direct lokal (tanpa internet) antara ipcam langsung terhubung dengan ponsel. Maupun mode yang membuat ipcam ini bisa diakses dimanapun kapanpun. Action cam yang mahal malah tidak bisa digunakan untuk diakses jarak jauh.
Dengan harga yang relatif murah, gadget unik ini tidak bisa dilewatkan begitu saja, karena bentuknya kecil bisa ditaruh dimanapun, semisal di dalam mobil ataupun kamar bayi untuk sekedar melihat si anak sudah bangun apa belum, sementara koneksi internet bisa memanfaatkan hotspot mobile hape/wifi/AP.

My other posts:
http://mantoegaul.blogspot.com/p/all-contents.html


6 comments:

  1. bisa jadi dashcam ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa banget tapi untuk ketahanan panas saya kurang tau kemampuannya

      Delete
  2. wah ternyata kartu garansinya bahasa indonesia, berarti memang didistribusikan di sini secara resmi ya, saya pikir tadinya om syd beli di banggood atau marketplace luar sejenisnya.

    bisikin link belinya dong om :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada link belinya diatas "how to buy"

      Delete
  3. Izin bertanya ya :
    1. Bgm cara settingan agar hasil rekaman langsung tersimpan di kartu memori?

    2. Apakah setiap menghubungkan dengan wifi hotspot baru harus dengan menekan tombol reset terlebih dulu?

    3. Apakah dengan memasang kartu memori dan dan menghidupkan minicam hasilnya akan langsung terekam di kartu memori?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup ikuti cara ini: http://www.mantugaul.com/2020/02/review-ipcam-mini110-spycam-terkecil-di-dunia-ipcam-tanpa-listrik.html

      Delete